Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Beberapa Ahli

Menurut Bayangkara (2008:119) bahwa proses manajemen pemasaran merupakan proses menganalisis peluang-peluang pasar, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran serta mengelola upaya-upaya pemasaran. 

Menurut Ernie dan kurniawan (2008:14) manajemen pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya dan pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara memenuhinya dapat diwujudkan. 

Assauri (2009:12) juga mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang. Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan perencanaan, penganalisaan, dan pengendalian yang dirancang untuk membentuk dan membangun pertukaran yang menguntungkan melalui pasar sasaran dengan tujuan organisasi dapat tercapai.

Comments